Tips Mencuci Baju Bayi

Tips Mencuci Baju Bayi

Tips mencuci baju bayi sangat perlu dipahami, karena fabric for baby akan sangat berbeda dibanding dengan pakaian orang dewasa. Hal ini karena bayi memiliki kulit yang cenderung sensitif sehingga sangat rentan mengalami gangguan kesehatan kulit.

Lantas, bagaimana cara membersihkan baju bayi yang baik dan benar? Moms, bisa aplikasikan tips dibawah ini.

Baju Bayi Baru Harus Dicuci Terlebih Dahulu
Karena bayi cenderung memiliki kulit yang sensitif, penting bagi Bunda untuk menjaga dan melindungi kulitnya agar tidak iritasi. Terlebih jika Bunda baru saja membelikannya baju baru.

Baju baru, meski masih terbungkus rapi dengan plastik, tidak menjamin bebas dari kuman, debu, ataupun senyawa kimia berbahaya lainnya. Pasalnya, Bunda tidak mengetahui bahan-bahan apa saja yang telah kontak dengan pakaian tersebut selama proses produksi, distribusi, penyimpanan dan display. Seperti, debu, asap kendaraan dan bahan kimia lainnya yang dapat mengiritasi kulit bayi Bunda. Jadi, biasakan untuk mencuci setiap baju baru sebelum Adek Kecil menggunakannya.

Baju Bayi Tercipta Lembut, Deterjen pun Berbeda
Dipasaran saat ini banyak pilihan produk deterjen khusus baju bayi. Pilihlah deterjen dengan kandungan non-pelembut, bleaching dan atau pengharum pakaian. Deterjen yang mengandung zat kimia dapat membuat kulit bayi rentan mengalami iritasi atau alergi.

Untuk menghindari iritasi kulit pada bayi, pilihlah deterjen non-paraben. Selain itu, carilah detergen yang mengandung bahan alami yang aman untuk kulit bayi serta menjaga pakaian bayi tetap lembut.

Baju Bayi Kelompokkan Sesuai Bahannya
Beda bahan baju bayi, beda pula perlakuannya. Beberapa pakaian dengan bahan tertentu seperti wol atau sutra mungkin tidak cocok dicuci menggunakan mesin cuci, dan sebaiknya dicuci dengan tangan.

Label pakaian selain menunjukkan suatu brand, juga berisi konten cara merawat fabric dari baju bayi yang Moms punya.  Dengan teliti membaca tulisan/sign yang tertera pada label pakaian, maka kualitas pakaian bayi Moms akan tetap terjaga.

Baju Bayi Jangan Tunda Untuk Mencucinya
Cara terbaik untuk menghilangkan noda bekas gumoh, susu formula, ASI, makanan, atau kotoran lainnya di baju bayi adalah dengan mencucinya segera apabila kotor. Sayangnya, banyak Bunda yang telat menyadarinya sehingga noda di baju pun didiamkan terlalu lama dan jadi sulit dihilangkan. Selain itu, bila menunda untuk membersihkan dan mencuci baju bayi. Akan menyebabkan kuman, bakteri bersemayam lebih dalam dan lama di kain baju bayi, Moms.

Baju Bayi Bilas Dengan Air Bersih dan Mengalir
Mencuci dengan motede tangan atau mesin, selalu diingat untuk membilas baju Adek Kecil dengan air bersih dan mengalir. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada sisa deterjen dan kotoran yang masih menempel dari proses pencucian pada pakaian bayi.

Setelah memastikan baju si Kecil bersih dari sisa sabun dan kotoran, keringkan baju di mesin pengering. Setelah itu, jemur pakaian di bawah sinar matahari langsung. Sebab, tidak hanya membuat pakaian lebih cepat kering, sinar matahari juga dapat membantu membunuh kuman yang masih tertinggal di pakaian. Selain baju, semua perlengkapan bayi yang menempel pada kulitnya harus dibersihkan dengan benar. Misalnya, selimut dan seprainya.

Ingat ya Bunda, jangan lupa untuk selalu memberikan perlindungan alami pada si Kecil di 48 Minggu Pertama Kehidupannya. Termasuk, perlindungan pada baju dan selimut Adek Kecil dengan tips mencuci baju bayi yang kami berikan.